Home » » Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, Strategi dan Kebijakan Kelurahan Pesurungan kidul 2014-2019

Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, Strategi dan Kebijakan Kelurahan Pesurungan kidul 2014-2019


Visi
Kelurahan Pesurungan Kidul sebagai pelaksana kebijakan, harus dapat merealisasikan program-program pengembangan kemampuan daerah secara berkesinambunambungan sebagai kunci utama keberhasilan pembangunan daerah dan ketahanan nasional dimasa mendatang. Demi mewujudkannya, maka disusunlah Visi dan Misi organisasi sebagai arah dan sasaran akhir yang akan dicapai ditahun 2014 – 2019
Penyusunan visi dan misi tersebut, berdasarkan pada nilai-nilai strategis, faktor-faktor eksternal dan internal dalam gambaran Umum Organisasi Kelurahan, maka Visi dan Misi suatu organisasi dapat dirumuskan. Adapun Visi Kelurahan Pesurungan Kidul yaitu :
“ Terwujudnya Pelayanan Terbaik Menuju Masyarakat Yang Partisipatif ”
Visi tersebut diatas terdiri dari 2 frase (bagian), yaitu Terwujudnya Pelayanan Terbaik , masyarakat yang Partisipatif, yang masing-masing dapat dijelaskan sebagai berikut :

Terwujudnya Pelayanan Terbaikmerupakan semangat Kelurahan Pesurungan Kidul untuk  melayani masyarakatnya dengan baik.  Semangat ini didukung oleh seluruh aparatur kelurahan dan segenap kelembagaan yang ada di kelurahan. Semangat mewujudkan Pelayanan Terbaik ini menjadi dasar utama dalama rangka terwujudnya masyarakat Kelurahan Pesurungan Kidul yang Partisipatif dan Mandiri.

Masyarakat yang Partisipatif,  merupakan suatu kondisi masyarakat Kelurahan Pesurungan Kidul yang turut berperan serta dalam berbagai kegiatan, aktif dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan pemeliharaan hasil-hasil pembangunan. Partisipasi masyarakat dengan semangat kebersaman, bergotong-royong, dan saling bahu-membahu dalam pemenuhan kebutuhan dasarnya, leluasa dalam menentukan prioritas kebutuhan di lingkungan untuk masyarakat yang sejahtera.

Misi
Agar Visi dapat tercapai optimal, maka ditetapkan Misi yang merupakan rumusan umum mengenai berbagai upaya yang akan dilaksanakan antara lain :
1.   Mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang berdaya guna dan berhasil guna dengan mengedepankan kualitas pelayanan publik sesuai ketentuan yang berlaku
2.   Mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat dengan sarana dan prasarana yang ada di Kelurahan Pesurungan Kidul.
3.   Mewujudkan pembangunan masyarakat yang partisipatif
4.   Meningkatkan Fungsi dan Peran Lembaga Kemasyarakatan Sebagai Mitra Kelurahan

Analisa
Analisis terhadap lingkungan organisasi baik internal maupun eksternal merupakan langkah yang sangat penting dalam memperhitungkan kekuatan (Strengths), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats) yang ada. Adapun analisis SWOT yang dipergunakan oleh Kelurahan Pesurungan Kidul yaitu :
  1. Kekuatan ( Strengths )
a.    Adanya kerjasama yang baik antar pegawai dan lembaga kelurahan.
b.   Pembagian tugas yang jelas sesuai dengan Tupoksi
c.    Dukungan aparatur kelurahan yang positif  

  1. Kelemahan ( Weakness )
a.    Pelayanan masih belum prima;
b.   Aparatur belum profesional ;
c.    Jumlah SDM pemegang jabatan belum semua terisi;
d.   Kurangnya sarana dan prasarana
e.    Administrasi belum tertib;

  1. Peluang ( Opportunites )
a.    Akses ke pusat kota dan pusat perdagangan yang terbuka;
b.   Tersedianya kesempatan diklat, tugas belajar dan ijin belajar;
c.    Adanya dukungan anggaran dari APBD;
d.   Adanya kebijakan untuk peningkatan SDM.
e.    Tingkat partisipasi masyarakat yang cukup tinggi.
  1. Ancaman ( Threats )
a.    Kurangnya kesadaran tertib administrasi masyarakat;
b.   Tingkat pendidikan masyarakat masih rendah

Faktor Keberhasilan
Dari hasil analisis SWOT yang digunakan maka keberhasilan yang harus dicapai oleh Kelurahan Pesurungan Kidul agar visi dan misi tercapai yaitu :
1.   Tersedianya prosedur pelayanan kepada masyarakat yang jelas dan transparan;
2.   Tersedianya sarana sosialisasi prosedur pelayanan masyarakat;
3.   Tersedianya SDM yang profesional;
4.   Tersedianya motivasi kerja aparatur;
5.   Tersedianya anggaran untuk perbaikan dan pengembangan sarana dan prasarana pelayanan;
6.   Tersedianya ide penataan ruang pelayanan;
7.   Tersedianya diklat-diklat kompetensi dan kapabilitas aparatur;
8.   Tersedianya reward dan punishment kepada pegawai;

Tujuan , Sasaran, Strategi Kebijakan Klik disini
Share this article :

0 comments:

Post a Comment



 
Support : Masbudh | Rumpa
Copyright © 2013. Kelurahan Pesurungan Kidul - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger