Home » » Lomba Poster " Tegal Berwawasan Lingkungan "

Lomba Poster " Tegal Berwawasan Lingkungan "

Lomba Poster " Tegal Berwawasan Lingkungan "
Dalam rangka menyambut hari jadi kota Tegal ke-433 Humas Kota Tegal dalam rangka kegiatan penyebarluasan informasi penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Setda Kota Tegal akan mengadakan Lomba Poster.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Tegal, Markus Wahyu Priyono mengatakan, maksud diadakannya lomba tersebut sebagai sarana untuk mempublikasikan gerakan moral mengajak masyarakat berpartisipasi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan, sebagai langkah awal dalam meraih Adipura. Dalam hal ini meningkatkan kreatifitas Pelajar dan  Mahasiswa dalam mengembangkan Seni Rupa.  


Peserta dalam lomba ini di ikuti oleh 69 peserta dengan 86 karya, karena masing-masing peserta diperbolehkan maksimal mengirim dua karya. Peserta lomba tersebut dari Pelajar SMP/ SMA sederajat Se-Kota Tegal Baik Negeri maupun Swasta dan Mahasiswa Universitas/ Akademi/ Politeknik/ Sekolah Tinggi di wilayah Kota Tegal.


Lomba poster tersebut mengambil tema  ”Tegal Berwawasan Lingkungan”. Markus menjelaskan tema tersebut mengandung pengertian bahwa Pengelolaan Sumber Daya Alam Kota Tegal dapat dinikmati oleh generasi sekarang dan generasi akan datang. Cita – cita tersebut tidak akan terwujud tanpa kerja sama dan gotong royong dari semua pihak khususnya masyarakat Kota Tegal. 
Kesadaran lingkungan berawal dari lingkungan kecil yaitu keluarga, lalu sekolah dan masyarakat. Melalui gaya hidup berwawasan lingkungan inilah masyarakat yang tinggal di kota Tegal dituntut memiliki kesadaran dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Karena dampak negatif dari lingkungan yang buruk akan dirasakan  oleh semua pihak. Begitu juga para pelaku usaha agar dalam setiap melakukan usahanya dapat memperhatikan kelestarian lingkungan. Hal ini mengingat banyaknya masalah-masalah lingkungan yang muncul seiring dengan pesatnya perkembangan suatu kota.



Dewan juri dalam lomba tersebut Juri tersebut, Yono Daryono, Wowok Legowo dan Abu Su’ud. Menurut Daryono tidak ada peningkatan, ada perubahan


Dari hasil penilaian, Ia menganggap peserta belum mengetahui betul poster, masih cenderung ingin mengkritisi dan tidak memberi semangat, sementara poster itu sendiri esensinya adalah memberi semangat dan memotivasi, ajakan. Beda dengan karikatur, jika karikatur itu cenderung mengkritisi.
Menurut Daryono yang menarik adalah peserta ini masih anak-anak jadi masih punya kesempatan untuk lebih bagus bahkan menurut Ia sebagian dari peserta yang lukisannya bagus adalah anak-anak.



Penjurian menitikberatkan pada Komposisi warna dan Ketegasan garis, Pengembangan ide atau gagasan yang disesuaikan dengan tema (tematis) dan kejelasan pesan dan Ide aktual (orisinil).


Keluar sebagai pemenang dalam lomba Poster juara I, Titania Shaberliana Ayu Cahyani, Siswa SMPN 1 Tegal, Juara II diraih oleh M. Khoirul Misbach dari SMPN 15 dan juara III diraih oleh Khusni Aldiansyah, sementara untuk juara Harapan I diraih Syifa Sofiyaturrohmah dari SMAN 3 Tegal, Juara Harapan II Intan Hidayatus Shafara dari SMKN I dan Juara Harapan III Ari Alan Nurdin dari UPS Tegal.

Juara masing mendapat hadiah, berupa Hadiah I         Rp. 800.000,-.         
Hadiah II        Rp. 600.000,-. Hadiah III        Rp. 400.000,-.         
Dan 3 Pemenang Harapan @Rp. 250.000,-


Markus menambahkan nantinya hasil karya Poster 10 (sepuluh) terbaik dalam kriteria penjurian akan ditampilkan secara khusus dan dipajang di Pendopo Ki Gede Sebayu pada rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Tegal (bulan April 2013).
Sumber : tegalkota.go.id
Share this article :

0 comments:

Post a Comment



 
Support : Masbudh | Rumpa
Copyright © 2013. Kelurahan Pesurungan Kidul - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger