Home » , » Pembukaan Kelas Ibu Hamil “ Bunda Puspita” di Peskid

Pembukaan Kelas Ibu Hamil “ Bunda Puspita” di Peskid

Pembukaan Kelas Ibu Hamil “ Bunda Puspita” di Peskid
Puskesmas Debong Lor mengadakan kegiatan pembukaan Kelas ibu hamil di Kelurahan Pesurungan Kidul. Acara dibuka oleh Lurah Pesurungan Kidul. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Debong Lor dan berharap Kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga manfaatnya dapat dirasakan guna mencegah angka kematian Ibu dan anak terutama untuk ibu hamil Beresiko Tinggi (Resti). Dalam Kesempatan ini Bapak lurah juga di daulat untuk memberikan nama kelas hamil dan beliau memberi nama “Bunda Puspita”

Dalam penjelasan tentang kelas ibu hamil Ibu Akri menjelaskan bahwa Kelas Ibu Hamil merupakan  sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka dalam kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan ibu mengenai perawatan kehamilan, persalinan, nifas, penyakit dan komplikasi saat hamil, bersalin dan nifas, perawatan bayi baru lahir, dan senam hamil dengan menggunakan buku KIA. 

Ibu hamil dan balita merupakan kelompok yang sangat rentan terhadap resiko gangguan kesehatan sehingga pembentukan kelas ibu hamil sangat dibutuhkan.

Kelas ibu hamil ini diikuti ibu hamil usia antara 5  Bulan sampai 7 Bulan karena pada umur kehamilan ini kondisi ibu sudah kuat, tidak takut terjadi keguguran. sehingga efektif untuk melakukan senam hamil dengan jumlah 22 orang, adapun materi pelajaranya meliputi : mengenai kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan bayi baru lahir, serta mengenai mitos penyakit menular dan imunisasi dasar pada bayi.

Untuk acara pembukaan Kelas ibu Hamil ini  diisi dengan Yel-yel Kelas Ibu hamil dilanjut dengan penjelasan singkat tentang kelas ibu hamil dan kegiatan senam Ibu Hamil, sedang untuk kegiatan berikutnya akan dilaksanakan di tiap-tiap posyandu yang terdiri dari 4 kelas yaitu Kelas Ibu Hamil “ Bunda Puspita I” sampai dengan Kelas Ibu Hamil “ Bunda Puspita IV” yang direncanakan diadakan pula arisan Ibu Hamil dimana yang akan mendapat giliran arisan adalah Ibu hamil yang dekat dengan waktu kelahirannya guna meringankan biaya persalinan.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment



 
Support : Masbudh | Rumpa
Copyright © 2013. Kelurahan Pesurungan Kidul - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger