Home » , » D3 Kebidanan Poltek Tegal adakan Sosialisasi Kegiatan Praktik Kebidanan Komunitas di Pesurungan Kidul

D3 Kebidanan Poltek Tegal adakan Sosialisasi Kegiatan Praktik Kebidanan Komunitas di Pesurungan Kidul


Sosialisasi Kegiatan Bidan Komunitas Poltek Tegal di Pesurungan Kidul
Dalam Rangka Penerjunan 50  Mahasiswa Progdi Kebidanan  Politeknik Harapan Bersama di Kelurahan Pesurungan Kidul ,Senin malam Kemarin (25/3/2013 ) diadakan kegiatan Sosialisasi Kegiatan Praktik Kebidanan Komunitas. Kegiatan PKMD  merupakan salah satu program Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian pada Masyarakat yang akan dilaksanakan sejak 25 Maret  dan akan berakhir tanggal 13 April 2013. Kepala Prodi Kebidanan Poltek Harberm Umi Baroroh, S.Sit , menjelaskan  tahun 2013 D3 Kebidanan Politeknik Harapan Bersama  melaksanakan Praktek Kebidanan Komunitas di Kelurahan Pesurungan Kidul  adapun  Program yang dilaksanakan peserta PKMD  meliputi  identifikasi potensi desa dan permasalahan kesehatan; penyuluhan kesehatan; penyuluhan narkoba; pelayanan posyandu; penyuluhan kesehatan lingkungan dan sanitasi; pemeriksaan golongan darah; dan deteksi penyakit infeksi saluran kelamin dan sex. 
Metode yang akan diterapkan mahasiswa yakni  metode pendekatan yang akan  dilakukan mahasiswa kepada masyarakat  secara  langsung turun mengidentifikasi di lapangan atau kerumah warga, kemudian hasil pendataan dibahas di forum Musyawarah Masyarakat  yang selanjutnya akan dijadikan sebagai  program kerja mereka, dan pada akhirnya hasil yang dilaksanakan dilaporkan dalam forum Musyawarah Masyarakat  berupa ekspos  dan diskusi.
          Dalam kesempatan sosialisasi kegiatan PKMD ini Lurah Pesurungan Kidul   berharap kegiatan positif para mahasiswa  Peserta PKMD  di Kel. Pesurungan Kidul  dapat menemukan  permasalahan-permasalahan  kesehatan yang dapat dijadikan  sebagai bank data kesehatan sebagai  bahan untuk pengkajian program pembangunan kesehatan Kelurahan di tingkat yang lebih tinggi.  Dalam Acara sosiali sasi ini, Erni Unggul SU, SE, M.Si  menaruh harapan kepada Lurah Pesurungan Kidul  agar hasil kerja Mahasiswa dapat dijadikan pedoman dalam merencanakan program pembangunan. Dan tidak kalah pentingnya apapun kasus yang ditemukan dilapangan itu merupakan fakta riil yang diharapkan adanya perbaikan dibidang penangan kesehatan  secara keseluruhan .

           
Share this article :

0 comments:

Post a Comment



 
Support : Masbudh | Rumpa
Copyright © 2013. Kelurahan Pesurungan Kidul - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger