Home » , » Tegal Carnival 2013 : Flora dan Fauna Laut Banjiri Kota Tegal

Tegal Carnival 2013 : Flora dan Fauna Laut Banjiri Kota Tegal

Tegal Pesisir Carnival 2013
Foto : Antaranews.com

RIBUAN  Warga Kota Tegal Minggu (28/4) siang, tumpah ruah di sepanjang Jalan Pemuda hingga Alun-alun Kota Tegal untuk menyaksikan Tegal Pesisir Karnaval (TPK) II,yang diselenggarakan dalam rangka HUT Ke-433 Kota Tegal.  Meski panas terik, warga dengan sabar menanti peserta karnaval lewat. Karnaval diberangkatkan oleh Wali Kota Tegal H Ikmal Jaya SE ak dari depan gedung DPRD pada pukul 14.30.

Wali Kota bersama anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dan sejumlah kepala SKPD turut dalam karnaval jalan kaki. Para pejabat Pemkot Tegal mengenakan pakaian daerah Kota Tegal berupa beskap atau kebaya hitam, kain batik, dan blangkon.

Tegal Pesisir Karnaval II merupakan agenda tahunan Pemkot Tegal, yang dilaksanakan sejak 2012. Karnaval kali ini mengangkat tema Go Green dan Tegal Maritim.

Tema Go Green diangkat sebagai bentuk kepedulian generasi muda terhadap pencemaran dan rusaknya bumi, sedangkan tema Tegal Maritim sesuai dengan program yang dicanangkan Pemkot Tegal 2013 ini.
Para peserta mengenakan kostum dari kain batik, dihiasi dengan bahan-bahan daur ulang (recycle) dan barang-barang bekas, yang mereka kerjakan sendiri selama dua minggu.  
Sesuai tema Tegal Maritim, kostum yang dikenakan bertema flora dan fauna laut. Seperti ganggang, gurita, kepiting, ikan cupang dan kerang. Tak heran, kemarin siang Kota Tegal bak dibanjiri flora dan fauna laut.
Tegal Wisata 2014
Kreativitas peserta dalam mendesain aksesori pelengkap kostum seperti mahkota dan tongkat mengundang decak kagum. Dengan memanfaatkan besek, kreneng tempat buah, daun kering, bunga tebu, tikar pandan, kipas, sapu ijuk, gelas plastik, karung goni, kertas semen,dan keping VCD bekas dicat warna-warni, sehingga tampak indah.

Karnaval dimeriahkan oleh penampilan Marching Band Gita Abdi Praja, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, yang beranggotakan  200 orang. Kepiawaian stik master I Dewa Gede Sura Aditama meliukliukan stik memukau warga yang menonton di sepanjang Jalan Pemuda hingga alun-alun.
Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pemuda, Olahraga, kebudayaan dan Praiwisata (Dinporabudpar), Budi Saptaji SSTP mengatakan, Tegal Pesisir Karnaval II diikuti oleh 450 perwakilan pelajar SMA,SMK dan masyarakat Kota Tegal sebagai bentuk apresiasi budaya dan kesenian kota pantura.  (Cessnasari-68,15)


Share this article :

1 comments:



 
Support : Masbudh | Rumpa
Copyright © 2013. Kelurahan Pesurungan Kidul - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger