Home » » Praktik Kebidanan Komunitas diharapkan Dapat Tekan AKI

Praktik Kebidanan Komunitas diharapkan Dapat Tekan AKI


Camat Tegal Barat Memberikan Sambutan dalam Acara Penutupan PKK Poltek Harber
Tegal (12/04/2013) - Praktik Kebidanan Komunitas diharapkan Dapat Tekan AKI demikian ditegaskan oleh Camat Tegal Barat, Ilham Prasetyo, S.Sos. M.Si dalam acara penutupan Kegiatan Praktik Bidan Komunitas Politeknik Harapan Bersama di Kelurahan Pesurungan Kidul.  Tenaga kesehatan yang langsung turun ke tengah masyarakat seperti Praktik Kebidanan Komunitas sebenarnya dapat dijadikan ujung tombak untuk membantu menurunkan angka kematian ibu (AKI). Angka kematian ibu melahirkan Kota Tegal pada 2012 mencapai 12 kejadian melebihi target sebanyak 7 kasus . 

Angka Kematian Ibu Kebanyakan disebabkan oleh kasus kelahiran di bawah umur 20 tahun dan diatas 35 tahun, terlalu banyak melahirkan dan terlalu rapatnya waktu melahirkan. 

Menurut Camat Tegal Barat, Pemerintah telah memfasilitasi agar kasus kematian ibu hamil di Kota Tegal dapat diminimalisir sedikit mungkin seperti diadakannya kegiatan Kelas Ibu Hamil di Puskesmas-puskesmas, pemberian cuti hamil bagi Pegawai, Program Jampersal bahkan ada juga KB Pasca melahirkan yang kesemuanya dimaksudkan guna menekan AKI  di Kota Tegal.  Dalam Kesempatan tersebut, Camat Tegal Barat juga berharap agar untuk tahun berikutnya Poltek Tegal dapat mengalokasikan kegiatan PKK ini di Kelurahan-kelurahan lainnya di Wilayah Kota Tegal.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment



 
Support : Masbudh | Rumpa
Copyright © 2013. Kelurahan Pesurungan Kidul - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger