Home » , » Kelurahan Pesurungan Kidul Menuju Kelurahan Herbal

Kelurahan Pesurungan Kidul Menuju Kelurahan Herbal

Peskid News-Indonesia memiliki sumber daya hayati terbesar kedua di dunia setelah Brazil. Dengan Kekayaan herbal sekitar 30.000 jenis tumbuhan obat merupakan potensi untuk pengembangan produk herbal yang kualitasnya setara  dengan obat modern dan bermanfaat bagi kepentingan  masyarakat. Akan tetapi,  sumber daya hayati  tersebut belum dimanfaatkan secara optimal, baru sekitar 1200  spesies tumbuhan obat yang dimanfaatkan dan diteliti sebagai obat tradisional dari total sekitar 30.000 jenis. Salah satu pemanfaatan tumbuhan obat di Indonesia adalah sebagai jamu yang dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan kesehatan tubuh dan  pengobatan berbagai penyakit tanpa efek samping jika dimanfaatkan secara bijak.  

Dewasa ini pengobatan tradisional merupakan salah satu pilihan masyarakat yang cukup penting dalam mencari pemecahan terhadap masalah kesehatan. Salah satu upaya yang pernah dianjurkan pemerintah dan kini dilakukan oleh  sebagian masyarakat dalam peningkatan derajat kesehatan tersebut adalah  pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA). Tanaman Obat Keluarga (TOGA) adalah tanaman atau tumbuhan yang ditanam di pekarangan keluarga yang memiliki khasiat sebagai obat dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan anggota keluarga serta pemeliharaannya sederhana.

Di Kelurahan Pesurungan Kidul terdapat satu keluarga yang berhasil memanfaatkan Tanaman Obat Keluarga sebagai pengobatan sendiri dalam mengatasi masalah  kesehatannya  serta sebagai tempat pembelajaran bagi masyarakat yang ingin mengetahui tentang Tanaman obat lebih jauh. Ya, di Rumah Drs. Jaenudi, S.H., M.M inilah kita bisa menjumpai berbagai jenis tanaman obat yang tertata secara rapi di sekitar halaman dan pekarangan rumahnya.

Kecintaannya terhadap tanaman obat  tampak begitu nyata terlihat dari Ketua LPMK Kelurahan Pesurungan Kidul yang juga berprofesi sebagai Guru di salah satu SMP Negeri di Brebes saat menceritakan pengalamannya kepada Mahasiswa Farmasi Politeknik Harapan Bersama tentang bagaimana perjuangannya pertama kali mengumpulkan berbagai jenis TOGA yang berasal dari kantong pribadinya. Pada kesempatan itu juga perwakilan mahasiswa menyerahkan beberapa jenis tanaman obat guna menambah koleksi TOGA-nya.


Ada harapan besar yang terpancar  dari Ketua LPMK Kelurahan Pesurungan Kidul ini, bahwa beberapa tahun kedepan Kelurahan Pesurungan Kidul tidak hanya terkenal dengan daur ulang waringnya saja akan tetapi akan berubah imej sebagai Kelurahan Herbal yang akan mampu perekonomian warganya.
Penyerahan Bantuan Tanaman Obat Mahasiswa Farmasi Poltek Harber

Tebu

Gandarusa

Ginseng

Jahe

Jambu Biji

Kemangi

Kelengkeng

Kumis Kucing

Kunyit

Lengkuas

Lidah Buaya

Lidah Mertua

Mahkota Dewa

Mawar

Pace

Pepaya

Sereh

Sirih

Tapak Dara

Tebu

Temu Ireng

Tomat

Belimbing Wuluh
Share this article :

0 comments:

Post a Comment



 
Support : Masbudh | Rumpa
Copyright © 2013. Kelurahan Pesurungan Kidul - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger